Jumat, 27 Maret 2015

Tugas Pengantar Kreativitas dan Keberbakatan

Nama:   Ajeng Septiana
Kelas:   1PA10
NPM:   10514662

1.      Product
·         Restoran berkonsep Psikologi dengan nama “Wundt & Freud Resto”.
      Nama “Wundt & Freud Resto” diambil dari nama tokoh-tokoh psikologi, Wilhelm Wundt merupakan Bapak Psikologi Eksperimental, sedangkan Sigmun Freud adalah tokoh Psikoanalisa sekaliagus Bapak Psikologi Modern. 
      Design restoran maupun menu yang ditawarkan berhubungan dengan Psikologi. 
      Contohnya:     -    Design bangunan dan tata letak diatur senyaman mungkin dengan tujuan pengunjung yang datang akan menjadi relax dan bahagia.
                              -          Properti yang digunakan berhubungan dengan konsep Psikologi, seperti lukisan-lukisan tokoh psikologi dan Quotes.
                              -          Daftar nama menu makanan yang ditawarkan diambil dari istilah-istilah ilmu psikologi.
                              -          Adanya permainan dengan alat-alat tes psikologi sederhana.

2.      Person
·         Yang terlibat dalam penciptaan karya kreatif   :   Teman kelompok (Eka Purwaningsih, Hely Adly, Nurhickmah, Wisnu Darmawan), keluarga, dan teman satu kelas
·         Yang mendukung keberhasilan penciptaan karya kreatif :
       -          Universitas Gunadarma
       -          Dosen
       -          BPOM
       -          LPPOM MUI
       -          DINAS KESEHATAN
·         Peran 
       -          Universitas Gunadarma                : Sebagai sarana promosi.
       -          Dosen                                            : Memberi saran dan pengarahan untuk keberhasilan produk.
       -          BPOM                                           : Memberi lisensi dan sertifikat untuk produk yang dipasarkan.
       -          LPPOM MUI                                : Memberi sertifikat halal.
       -          DIKES                                          : Memberi kebijakan teknis di bidang kesehatan dan teknis administrasi ketatausahaan.
·         Target :  Untuk umum

3.      Press
·         Motivasi kelompok kami menciptakan karya tersebut :
       -          Yang memotivasi kami untuk membuat restoran dengan konsep psikologi adalah karena belum ada restoran yang memakai konsep psikologi.
       -          Ingin membuat usaha yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan di Universitas.
       -          Ingin menambah pengalaman.
       -          Memperluas Networking.
·         Dampak Positif dan negatif :
       -          Positif        : 1.  Mendapatkan penghasilan.
                                  2.      Menghilangkan penat.
                                  3.      Memperluas networking.
                                  4.      Memperbanyak teman.
                                  5.      Kalangan umum jadi lebih mengetahui tentang ilmu dan konsep Psikologi.
                                  6.      Banyak yang berminat dengan ilmu Psikologi.
                                  7.      Menambah pengalaman
       -          Negatif      : 1. Cukup menyita waktu.
·         Prediksi kedepan untuk karya yang kami buat :
       -          Pengunjungnya akan tertarik karena konsep restoran yang beda dari yang lain.
       -          Mayoritas pengunjungnya adalah remaja.
       -          Akan berkembang pesat.
       -          Akan memjadi trendsetter restoran berkonsep psikologi.
·         Yang mendukung atau menggagalkan implementasi terhadap produk :
       -          Mendukung           :  1. Ilmu psikologi berkembang pesat sehingga banyak masyarakat umum yang lebih ingin tahu  tentang psikologi.
                                               2.      Masyarakat suka dengan restoran bertema unik.
       -          Menggagalkan       : 1.  Akses menuju lokasi yang sulit.
                                              2.      Harga kurang terjangkau / Mahal.
                                              3.      Tempat dan suasana yang kurang nyaman.
·         Cara mengantisipasi kegagalan :
       -          Memilih lokasi yang strategis dan terjangkau.
       -          Membuat harga yang terjangkau.
       -          memberikan pelayanan memuaskan baik suasana dan fasilitas lainnya seperti toilet yang bersih, wifi, televisi, live music, games.

4.      Proses
·         Langkah – langkah      :
1.      Membuat konsep
2.      Membuat nama product
3.      Menentukan menu makanan
4.                  Mencari lokasi yang strategi
5.      Mengurus izin lokasi
6.      Mengurus izin usaha
7.      Mengurus izin dari Dinas Kesehatan
8.      Mengurus izin dari BPOM
9.      Mengurus izin dari LPPOM MUI
10.  Membuat desain/tata letak bangunan
11.  Mendirikan bangunan
12.  Mengatur tata ruang
13.  Promosi
14.  Menjalankan bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar